Kegiatan

Pentingnya Sosialisasi Kader Pemberian Makanan untuk Bayi dan Anak

  • 22-11-2022
  • wonosaripegandon
  • 125

Stunting merupakan kondisi gangguan pertumbuhan pada anak akibat kekurangan gizi dalam waktu yang lama, yang disebabkan oleh banyak faktor seperti kondisi sosial ekonomi, gizi ibu saat hamil, kesakitan pada bayi, dan kurangnya asupan gizi pada bayi. Kondisi ini mengakibatkan anak mengalami keterlambatan dalam perkembangan, dan beresiko mengidap penyakit metabolik dan degeneratif dikemudian hari.

 

Selasa (22/11/22), Puskesmas Pegandon melaksanakan Kegiatan sosialisasi kader PMBA di balai Desa Wonosari. Kegiatan ini merupakan upaya promosi kesehatan di bidang perbaikan gizi masyarakat. Kegiatan ini dihadiri oleh kader posyandu balita stunting dari desa Wonosari. Narasumber dalam acara ini berasal dari petugas gizi Puskesmas Pegandon, Kader Posyandu dan didampingi bidan desa Wonosari yang diwakilkan oleh petugas dari puskesmas pegandon.

Materi sosialisasi kader tentang PMBA yang disampaikan oleh mba Yaya ( petugas puskesmas ) antara lain bahwa pemenuhan gizi merupakan hak dasar anak dan dalam pemberian ASI atau makanan pendamping ASI yg baik dan tepat sangat penting bagi tumbuh kembang dan kesehatan anak. Perbaikan gizi dimulai dari 1000 HPK ( hari pertama kehidupan ) yaitu dari awal kehamilan sampai dengan anak usia 2 tahun. Ruang lingkup PMBA ini meliputi perbaikan gizi ibu hamil, gizi ibu menyusui, IMD, Asi eksklusif, Asi lanjutan dan MP Asi. Oleh karena itu melalui kegiatan ini diharapkan kader posyandu ikut memberi dukungan pada bumil, busui, atau ibu balita agar senantiasa memperhatikan asupan gizi yang baik selama periode 1000 HPK. 

Pengembangan posyandu sendiri sudah menjadi pengganggaran rutin dana desa tiap tahun. Melalui pemberian PMT yg salah satu kegiatan di posyandu yang baik dan tepat sesuai ruang lingkup PMBA ini diharapkan dapat menjadi stimulan perbaikan gizi sasaran posyandu balita menjadi lebih baik selain didukung beberapa faktor lainnya seperti praktik pengasuhan, pelayanan kesehatan dan kebersihan sanitasi dan air bersih.