Kegiatan

Bimbingan Penerapan Pengendalian Hama Terpadu (PPHT) Pada Komoditas Kelengkeng di Kelompok Tani Wana Mukti Desa Wonosari

  • 23-11-2022
  • wonosaripegandon
  • 111

Kelengkeng (Dimocarpus longan Lour.)merupakan salah satu komoditas buah yang populer di Indonesia. Menurut sistem klasifikasi tanaman termasuk keluarga Sapindaceae, dan termasuk satu suku (Nepheliaea) dengan tanaman lecee dan rambutan Asal mula lengkeng adalah daerah subtropik tetapi jenis tanaman ini ternyata dapat tumbuh baik di daerah panas (tropik).

Salah satu daerah yang melakukan pengembangan tanaman kelengkeng di Kabupaten Kendal yaitu di Desa Wonosari Kecamatan Pegandon, di kelompok tani WANA MUKTI, dusun pidik desa wonosari. Harapannya dari pengembangan ini dapat menciptakan agrowisata tanaman kelengkeng. Sebagai pendukung hal tersebut, pada tahun 2022 ini poktan Wana Mukti mendapat program pendampingan dari tim Lab PHP semarang dan dinas pertanian dan pangan kabupaten kendaldalam kegiatan Penerapan PHT tanaman kelengkeng.

Pada kegiatan ini dilakukan pemasyarakatan terkait dengan pengendalian hama terpadu pada budidaya tanaman kelengkeng. Prinsip PHT diperkenalkan dalam budidaya tanaman kelengkeng, yang meliputi budidaya tanaman sehat, pengamatan rutin, pemanfaatan musuh alami dan petani sebagai ahli PHT. selain itu juga dilakukan praktik perbanyakan jamur Trichoderma sp sebagai agens pengendali hayati untuk mengatasi OPT yang berasal dari jamur didalam tanah.