Kegiatan

Antusiasme Tinggi Anak-anak Saat Belajar Bersama Kakak-kakak KKN UIN Walisongo Semarang

Kuliah kerja nyata merupakan salah satu program dari mata kuliah yang bertujuan untuk menerapkan ilmu yang sudah diperoleh dengan terjun langsung ke masyarakat. UIN Walisongo Semarang ikut berpartisipasi dalam pembangunan desa yang ada di Kecamatan Pegandon khususnya di desa Wonosari dengan mengadakan program Kuliah Kerja Nyata.

Pada program ini, mahasiswa diharapkan mampu membantu masyarakat desa dalam upaya pembangunan desa melalui pengabdian pada masyarakat langsung. Potensi yang terdapat di desa dapat dijadikan sebuah bahan kajian untuk menemukan suatu permasalahan yang kemudian mahasiswa dapat memberikan solusi atas permasalahan yang ada.

Pendidikan merupakan salah satu potensi desa yang dapat dikembangkan oleh mahasiswa KKN. Mengingat Pendidikan merupakan dasar pembelajaran bagi anak-anak yang nantinya akan ikut serta untuk pembangunan desa di masa depan. Hal ini yang kemudian menyebabkan mahasiswa KKN UIN Walisongo tertarik untuk turut mengambil peran sebagai upaya meningkatkan kualitas mutu Pendidikan sekolah dasar di Desa Wonosari.

Mengajar dapat diartikan sebagai proses penyampaian informasi ataupun pengetahuan dari kami selaku mahasiswa yang pernah mendapatkan materi tersebut kepada peserta didik (murid). Menurut Hamalik (1992:8) mengajar diartikan sebagai aktivitas mengorganisasi atau mengatur lingkungan sebaik-baiknya sehingga menciptakan kesempatan bagi anak untuk melakukan proses belajar secara efisien.

Kegiatan mengajar ini dilakukan untuk membantu guru pengajar dalam mengembangkan pembelajaran yang kreatif, serta menyalurkan ilmu yang dimiliki oleh mahasiswa kepada murid sehingga dapat meningkatkan dan mengembangkan wawasan mereka. Diharapkan pula terjalin kerja sama yang baik antara mahasiswa dan guru terutama dalam bidang literasi.

 

Share :

Cuaca Hari Ini

Minggu, 23 Juni 2024 00:03
Sedikit Berawan
25° C 21° C
Kelembapan. 77
Angin. 1.88